Viral! Apresiasi Ketua DPRD Kota Surabaya Karya Literasi Siswa M26

sdmuh26sby.sch.id – KruWcil (Kru Wartawan Cilik) dan Guru SD M26 Keputih Surabaya menggali ilmu dalam acara Ngobrol Pintar (Ngopi) Jilid 2 KLIKMU Viral Pencerahan pada Sabtu (11/6/22) pagi. Sebanyak lebih dari 100 peserta guru dan siswa sebagai kontributor dilatih menulis berita dengan trik jitu menghasilkan tulisan viral secara live di Gedung Plaza Ahmad Dahlan Lantai 6.

Penyematan KruWcil M26

Untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta, sengaja dihadirkan Ketua DPRD Kota Surabaya untuk membuka acara sekaligus memberikan arahan kepada para peserta. Sementara sebagai narasumber pelatihan jurnalistik adalah Mohammad ilham yang terkenal dengan nama pena @ilhamzada sang jurnalis internasional dari Jawapos berpengalaman, yang telah meliput pertandingan penting, baik di tingkat lokal hingga internal. Penulis buku Romantika Sepakbola. Beberapa tulisan juga pernah terbit di media cetak maupun online.

Saat membuka acara tersebut, Ketua DPRD menyampaikan pelatihan jurnalistik yang diadakan pihak KLIKMU sangat positif dan memberikan manfaat secara jangka panjang.

“Dengan adanya pelatihan ini para kontributor bisa mengenal lebih jauh dunia jurnalistik dan memberi bekal keahlian menulis untuk masa sekarang dan masa depan mereka,” sebutnya.

Ia juga menyampaikan, tidak banyak yang memanfaatkan hari dengan belajar menulis. “Tapi guru dan siswa pelatihan di sini tetap semangat menuntut ilmu terutama di bidang jurnalistik,” sebut  Adi Sutarwijono.

Ketua DPRD juga mengajak kontributor menulis berita  menarik dan penting dalam karya susunan berita penulisan berita 5W+1H. Jurnalistik menyajikan kisah manusia dan foto mewakili sejuta kata-kata. Jurnalistik sebagai profesi semua memiliki sertifikat wartawan. “Semoga ke depan KLIKMU juga seperti itu ke depan. Berita mengasah ketrampilan menulis dan mengasah diri untuk terus berkembang. Poin penting berita peristiwa, data dan fakta. Harapan saya KLIKMU semakin berkembang dan semakin kaya dengan tulisan terbaik.”bebernya

Selain itu beliau juga berharap para siswa semakin bijak dalam bersosial media dan juga bisa teliti dan menyaring terlebih dahulu terhadap setiap informasi yang ada.

Mohammad ilham menyampaikan filosofi warna biru banyak dipilih untuk layout media yang artinya sedalam samudra seluas cakrawala. Media bukan hanya meliput di daratan tapi mereka juga meliput di dalam air. Seluas cakrawala maksudnya mereka meliput berita dari seluruh dunia.

“Trik menulis berita dengan cepat adalah menyiapkan beberapa skenario. Misalnya pertandingan sepak bola saat 40 menit pertama kita harus menulis data nama pemainnya,siapa pemain termuda atau yang lainnya harus kita miliki. Selain menulis di 45 menit pertama mungkin mencetak gol, pelanggaran atau yang lain sudah ditulis. Pada menit 70 sudah menulis semua datanya. Kiita butuh kata kunci untuk berita kata kunci itu adalah judul yang ideal itu menghasilkan 3 kata kunci yaitu penting, menarik dan banyak kata kunci.” paparnya

“Beberapa jenis berita dapat dikategorikan pertama straight news intinya straight news adalah menulis semua berita secara ringkas tapi merangkum semuanya. Kedua features tujuan hanya memaparkan fakta melainkan juga menggugah emosi pembaca. Ketiga indepth news adalah berita yang ditulis dengan mendalam dengan perspektif tertentu. Berita yang baik adalah berita yang lengkap.seperti berita yang muncul dalam waktu yang lama setelah kejadian tersebut terjadi namun berita itu berita yang sangat baik karena berita itu sangat lengkap dan memuat fakta yang sebenarnya. ” imbuhnya

Ustadzah Novi Pemdaping mengatakan setelah mendapat pembinaan dasar jurnalistik, Kru wartawan Cilik (KruWCil) KLIKMU juga akan mendapat kesempatan mewawancarai Ketua DPRD Surabaya. Hasil wawancara nantinya akan dituangkan di halaman Media KLIKMU, Media digital Viral Pencerahan.

Beberapa kesulitan ditemui pada saat workshop berlangsung. Sebagian besar kesulitan-kesulitan muncul dikarenakan kegiatan-kegiatan dalam workshop ini merupakan pengalaman pertama bagi para peserta. Misalnya, dalam pengembangan ide dengan menggunakan membedakan cara menulis kutipan dan informasi. Namun secara keseluruhan, kegiatan berlangsung dengan baik dan memenuhi tujuan-tujuan yang direncanakan. (CIA/IGT/DNS)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.