Merdeka Menulis, Siswa M26 Dapatkan Acungan Jempol Ketua DPRD Kota Surabaya

sdmuh26sby.sch.id – KLIKMU.CO menggelar acara “Ngopi Bareng jilid 2” pada Sabtu, (11/06/22), 08.30 pagi. Lebih dari 100 peserta kontributor dari berbagai penjuru, ada yang sudah menjadi jurnalis dan ada juga yang baru menjadi pemula. Acara ini diadakan secara offline di gedung baru Ahmad Dahlan Plaza dengan mengusung tema “Sinergi Media Persyarikatan untuk Pencerahan”.

Pada kesempatan itu, Ferry Yudi A.S. menyampaikan pesan untuk para Krucil yang ada di acara itu.”Satu peluru dapat menembus 1 kepala, Tetapi 1 tulisan dapat menembus 1 juta orang.” Kata Ustadz Ferry A.S.- Pesan itu bermaksud, Jangan menyerah karena suatu tulisan dapat dibaca 1 juta orang. Sementara itu, beliau juga membacakan Penghargaan KLIKMU.CO. kepada beberapa Kontributor yang aktif. Seperti Gus Imsak, Adi Sutarwiono dan lain sebagainya.

Adi Sutarwiono Ketua DPRD Surabaya mengatakan Jurnalistik menarik dan penting dalam karya susunan berita penulisan berita 5W+1H. Jurnalistik menyajikan kisah manusia dan foto mewakili sejuta kata-kata. Jurnalistik sebagai profesi semua memiliki sertifikat wartawan semoga ke depan KLIKMU juga seperti itu ke depan. Berita mengasah ketrampilan menulis dan mengasah diri untuk terus berkembang. Poin penting berita peristiwa, data dan fakta. Harapan saya KLIKMU semakin berkembang dan semakin kaya dengan tulisan terbaik, paparnya. “Setelah acara ini, Krucil akan membuat berita Acara Ngopi Bareng jilid 2” ujar Cak Awi.

Kruwcil M26 bersama Cak Awi

Muhammad Ilham, pemateri setelah bapak ketua DPRD memaparkan beberpa trik jitu untuk menulis berita dengan cepat caranya wartawan harus bisa meriset data yang akan diberitakan. Memulai pertanyaan sesuai riset yang akan ditulis menyiapkan 5-6 paragraf. Sehingga berita bisa dilauching ketika acara selesai. Kata kunci menulis judul berita online ada tiga kata kunci. Judul harus menggugah publik yang ingin digerakkan emosinya. Berita fakta, fakta, dan fakta. Penulisan berita apa yang kita lihat, dengar, dan menggunakan kata mudah dipahami semua orang. Sudut pandang berita paling mudah pilih fakta yang paling menarik. Berita yang baik bisa membawa pembaca untuk menikmati dalam bentuk cerita.

“Menulislah dengan sejujur-jujurnya yang kita bisa dan tulislah berdasarkan fakta yang ada, mungkin tulisan kita ini bisa dijadiin sebuah prasasti di kehidupan yang akan datang”, sambung Ilhamzad sang jurnalis internasional. (ANZ/DNS/IGT)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.