SENAM SEHAT CERIA MEMBAKAR SEMANGAT BELAJAR PARA PELAJAR M26

sdmuh26sby.sch.id – Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, seperti melakukan ice breaking, memberikan apersepsi yang membuat siswa semakin antusias sebelum mengikuti pembelajaran. Kali ini ada hal baru yang harus dilakukan setiap hari Kamis pagi sebelum pembelajaran dimulai, Ustad-ustadzah M26 mengajak siswa-siswi senam pagi ceria di lapangan sekolah. Kegiatan ini di ikuti oleh semua siswa jenjang kelas bawah dan kelas atas secara bergantian setiap minggunya.

Kamis, (08/9/2022) di instrukturi Ustad Ammar diatas panggung, siswa menyimak dan menirukan gerakan dengan penuh semangat  dan senyuman ceria. Karna diimasa pandemi saat ini, sangatlah penting bagi kita untuk menjaga badan agar tetap fit agar terhindar dari segala macam penyakit dan waktu yang baik untuk melakukan olahraga adalah di pagi hari, salah satunya seperti yang dilakukan M26 Surabaya ini.

kegiatan senam. M26

Olahraga pagi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kekuatan tubuh saja. Kebiasaan ini ternyata dapat membuahkan manfaat untuk banyak macam aspek kehidupan jika dilakukan secara rutin. Kita akan mendapatkan manfaat olahraga pagi dan kualitas hidup menjadi lebih baik. Tau Gak Sih!!! Ada beberapa manfaat olahraga pagi yang bisa dirasakan menurut M26 Surabaya, yaitu :  

1.Meningkatkan Suasana Hati

Olahraga pagi dapat membuat Kita menikmati udara segar serta pemandangan di sekitar lingkungan rumah Kita. Hasilnya, Kita bisa lebih merasa terinspirasi dan semangat dalam memulai hari. Bukan hanya itu saja, lho! Faktanya, melakukan olahraga di pagi hari juga dapat menunjang produksi endorfin atau hormon yang mendukung perasaan bahagia. Hasilnya, kitapun akan merasa lebih optimis dan bebas dari stres. Hal ini akan mampu menunjang produktivitas kita seharian!

2.Membuat Stamina Meningkat

Manfaat olahraga pagi hari juga bisa kita rasakan pada peningkatan energi, terutama jika dilakukan dengan rutin. Pasalnya, olahraga seperti jogging, bersepeda, serta aerobik dapat meningkatkan kemampuan paru-paru dan jantung. Dengan begitu, distribusi oksigen pada tubuh akan lebih lancar dan seluruh otot kita akan merasakannya. Hal inilah yang membuat stamina bertambah dan menjadikan kita lebih mampu berolahraga untuk waktu yang lebih lama.

3.Mengontrol Nafsu Makan

Bagi kamu yang sedang menjaga atau menurunkan berat badan untuk kepentingan kesehatan maka  seringlah berolahraga pagi, karena manfaat olahraga pagi juga meliputi nafsu makan yang terkendali sepanjang hari. Hal ini merupakan akibat dari berkurangnya hormon ghrelin sebagai  penyebab nafsu makan meningkat.

4.Meningkatkan Kualitas Tidur

Apabila Kita sering mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk mulai membiasakan olahraga di pagi hari. Energi yang kita miliki akan sedikit terkuras melalui olahraga pagi dan jika ditambah dengan aktivitas lainnya, tentu tubuh Kita tidak bisa menolak kesempatan untuk tidur nyenyak malam ini!

5.Meningkatkan Fokus

Olahraga pagi juga mendorong produksi Hormon Kortisol, hormon ini memiliki tugas untuk membuat kita terjaga dan juga fokus. Umumnya, Kortisol akan meningkat di pagi hari, terutama sekitar jam 8 pagi. Tentu dengan olahraga pagi, Kita akan dapat menunjang produksi hormon ini agar tetap stabil dan bermanfaat semestinya.

6.Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Manfaat olahraga pagi yang terakhir adalah kemampuannya menurunkan darah tinggi. Olahraga pagi dapat menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Sehingga, sirkulasi darah akan berjalan lancar, elastisitas pembuluh darah akan terjaga, dan tekanan darah menjadi lebih normal. 

Selanjutnya M26 juga memberikan kalian sedikit Tips untuk melakukan Olahraga di Pagi Hari, agar bisa mendapatkan manfaat olahraga pagi secara maksimal. Dengan begitu, olahraga pagi yang Kita lakukan akan dilakukan secara lebih tepat,

  1. Tidur lebih awal agar bisa mendapatkan durasi istirahat yang cukup sehingga Kita tidak cepat lelah dalam berolahraga
  2. Pastikan di malam hari sebelumnya, Kita telah makan yang cukup. Makanan tersebut adalah sumber energi Kita saat melakukan olahraga di pagi hari.
  3. Tidak perlu se-pagi mungkin untuk melakukan olahraga, sesuaikan saja dengan jam bangun kita. Ketika sudah terbiasa melakukan olahraganya, barulah coba untuk bangun lebih pagi setiap hari.

Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah 26 memberikan tanggapannya terkait kegiatan ini, “Sangat menarik dan menyenangkan sekali karena untuk memberikan siswa semangat sebelum belajar banyak sekali cara yang dilakukan selain memotivasi siswa untuk antusias belajar hal ini juga bisa menjada kesehatan di masa pandemic ini” ujarnya.

Sebagai penutup kegiatan senam pagi ceria Ustad Reza dan Ustad Ammar memberikan sedikit kalimat penyemangat untuk siswa-siswi dan dilanjutkan dengan berdoa dan murojaah surat an-naba bersama-sama. (INT)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.