RATUSAN Siswa SD Muhammadiyah 26 Keputih Surabaya Ikuti IMUNISASI DT dan TD

sdmuh26sby.sch.id – Area UKS telah kedatangan tim medis dari Puskesmas Keputih sudah dinanti para siswa kelas 1,2 dan 5 SD Muhammadiyah 26 Keputih Surabaya atau m26, Rabu (24/11/2021). Mereka menanti untuk imunisasi DT dan TD. Siswa-siswi yang menanti banyak yang tegang karena takut suntik, ada juga yang menunggu dengan senang karena merasa berani diimunisasi.

Meskipun imunisasi sudah sering diadakan, tetapi ada saja siswa menghadapinya dengan ketegangan. Melihat jarum suntik walaupun kecil tetap saja menakutkan. Suasana menanti imunisasi yang semula menegangkan jadi menyenangkan ketika ustadzah pipit dan ustadzah lia menghibur siswa-siswi yang akan di suntik dengan bernyanyi bersama sekaligus mengalihkan perhatian mereka.

Pukul 09.20 WIB tim medis dari Puskesmas Keputih datang. Mereka langsung menyiapkan peralatan. Satu per satu siswa dipanggil maju oleh tim medis dari Puskemas Keputih untuk disuntik imunisasi. Salah satunya adalah Muhammad Azka. Siswa kelas 1-B itu mengatakan tidak sakit saat disuntik. “Tidak sakit, biasa saja,” katanya singkat.

Setelah disuntik siswa mendapat satu tablet obat paracetamol yang harus diminum apabila siswa badannya panas. “Ini Bu obat paracetamol diminum ketika badannya panas saja”. Ujar ustadzah Rahayu, selaku penanggung jawab UKS kepada salah satu orang tua siswa.

“Jadi ini program wajib dari pemerintah,  imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Sedangkan IMUNISASI TD merupakan imunisasi lanjutan dari IMUNISASI DT agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut.” Ujar salah satu tim medis dari puskesmas keputih.

Sementara itu, staf Departemen Kesiswaan Ustadzah Palupi mengatakan, imunisasi kali ini diikuti 250 siswa kelas 1-6 dan 6 siswa Kelas 6 . “Siswa-siswa kelas 1 yang mengikuti imunisasi DT dan TD Ada sebagian siswa yang tidak ikut karena posisi ada di luar kota dan alasan yang lain,” katanya. (Intan)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.