REMINDER!! KETELADANAN RASULULLAH AGAR SELALU BERBUAT BAIK

sdmuh26sby.sch.id-Peringatan Maulid Nabi 2022 ini dapat dijadikan momentum bagi umat muslim untuk merefleksikan diri dan menyebarkan energi positif dalam kehidupan sebagaimana yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan hari yang istimewa di mana seluruh alam semesta ikut bergembira. Sebab, kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diutus sebagai Rasul Allah ini menjadi penanda dan rahmat bagi seluruh alam semesta.

M26 Surabaya menyelenggarakan acara maulid nabi secara offline di Musholla Darussalam dihari Jumat (07/10/22). Kegiatan ini diselenggarakan oleh TIM Ismuba M26 sebagai bentuk ketauladanan untuk mengenang Nabi Muhammad SAW dan di ikuti oleh siswa kelas 1 sampai dengan siswa kelas 4. Ini merupakan kegiatan maulid yang diselenggarakan offline setelah beberapa kali tidak melaksanakan dikarenakan masih masa pandemi.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan ice breaking oleh Ustadzah Putri dan di lanjutkan dengan pemberian materi oleh Ustad Hasan. Materi yang disampaikan oleh Ustad Hasan sangat menarik sekali, yaitu tentang “Keteladanan Akhlak Nabi Muhammad SAW”.

Dalam penyampaian materi Ustad Hasan menegaskan bahwa peran Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan manusia menarik untuk kita pelajari dan teladani. Bagaimana peran beliau sebagai anak, ayah, suami, pedagang, panglima perang ataupun pemimpin negara, bisa kita jadikan contoh dan panutan terbaik.

Sebagaimana dalam firman allah yang berbunyi,

لَقَدۡ كَانَ لَكُمۡ فِىۡ رَسُوۡلِ اللّٰهِ اُسۡوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنۡ كَانَ يَرۡجُوا اللّٰهَ وَالۡيَوۡمَ الۡاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيۡرًا

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (Surat Al-Ahzab ayat 21)

Ada banyak sekali sikap dan akhlak baik nabi yang harus kita teladani dan kita terapakn juga dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu wujud kecintaan kita terhadap nabi kita. Beberapa diantaranya yang mudah untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita yaitu,

  1. Anak dengan Pribadi yang Mandiri Nabi Muhammad SAW adalah anak yang terlahir Yatim dan masa kecilnya diasuh oleh kakeknya Abdul Muthalib. Ketika beliau lahir pada Senin 12 Rabiul Awal pada Tahun Gajah bertepatan 20 atau 22 April 571 Masehi. Terjadi beberapa peristiwa sebagai tanda isyarat kenabiannya. Di antaranya, runtuhnya 14 balkon istana Kisra, padamnya api majusi, hancurnya gereja-gereja di sekitar Danau Sawah setelah airnya menyusut.
  2. Suami yang Paling Baik Terhadap Istri-istrinya Dalam satu Hadis beliau bersabda: “Yang terbaik di antara kalian adalah yang paling baik terhadap keluarga/istrinya. Dan saya adalah orang yang paling baik terhadap istri/keluargaku.” (HR at-Tirmidzi 3895). Dalam Sirah Nabawiyah, Nabi Muhammad SAW menjadi seorang suami pada usia 25 tahun.
  3. Ayah yang Penyayang dan Bijaksana Nabi Muhammad SAW memposisikan perannya sebagai suami sekaligus ayah yang sempurna. Dalam sejarah, Nabi Muhammad pernah menjadi ayah kandung dan ayah angkat.
  4. Pedagang dan Pengusaha Sukses Nabi Muhammad dikenal sebagai pedagang dan pengusaha suskse dan jujur. Di tangan beliau bisnis Khadijah semakin sukses dan berbuah berkah. Perempuan terhormat dan dikenal sebagai pengusaha kaya di Mekkah, Khadijah mengakui kejujuran dan kejeniusan Nabi Muhammad ketika berdagang. Rasulullah SAW digambarkan sebagai pedagang yang ulung sejak remaja. Beliau sudah berdagang sejak usia 9 tahun. Perdagangan lintas negara. Beliau berdagang ke negeri Syam. Kini negeri Syam menjadi empat negara: Lebanon, Palestina, Suriah, Yordania. Nenek moyang Nabi, suku Quraisy juga dikenal sebagai pedagang yang ulung.
  5. Panglima Perang yang Berani
    Perang terbesar yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad salah satunya adalah perang badar. Sekitar 313 pasukan muslim berhasil mengalahkan kaum kafir Quraisy yang berjumlah 1000 orang. Beliau diperintahkan berperang sebagai bentuk perlawanan terhadap kelompok yang memerangi beliau. Selain untuk membela Islam, perang yang dipimpin beliau pastinya atas perintah Allah.

“Sifat-sifat mulia seperti inilah yang saat ini harus selalu ada pada diri kita semua sebagai seorang anak, orang tua di rumah ataupun di sekolah,” pungkas Ustad Hasan.

Penghujung acara sekaligus menutup kegiatan maulid nabi, para siswa memberikan uang infaq secara bergantian dimasukkan ke dalam kotak yang sudah di sediakan ustad/usatdzah, uang infaq ini untuk diberikan kepada anak-anak panti asuhan KH. AR. FACHRUDIN KEPUTIH SURABAYA agar kegiatan Maulid Nabi di tahun ini memberikan kesan tersendir bagi siswa-siswi M26, sekaligus bisa berbagi dengan teman-teman di panti dan semoga kegiatan maulid kalo ini bisa memberikan efek positif bagi siswa-siswi M26 Surabaya untuk selalu mengingat keteladanan Nabi Muhammad SAW sekaligus mengingatkan untuk selali berbagi untuk sekitar kita. (INT)

1 komentar untuk “REMINDER!! KETELADANAN RASULULLAH AGAR SELALU BERBUAT BAIK”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.