Setiap siswa yang baru masuk ke SD akan mengalami masa peralihan. Untuk masa tersebut sangat diperlukan adaptasi beretika. Tema Etika atau biasa disebut sopan santun menjadi topik materi yang diajarkan guruku.

Guruku memberi pembelajaran daring tata cara keluar dan masuk ke dalam rumah. Role model guruku dalam mengajar tersaji dalam video pembelajaran (bisa klik M26 Daring Class 1st Grade | Tata Cara Keluar Rumah (PKn)). Di materi ini, guruku juga dibantu dua rekan guru untuk memperagakan tata cara tersebut.

Tiga guruku memerankan satu orang jadi ibu, satu orang sabagai anak dan satu orang menjadi temannya si anak. Ketika mau keluar rumah, anak wajib mengucapkan salam dan berpamitan dengan mencium tangan ibundanya. Kondisi serupa kala anak datang ke rumah bersama temannya. 

Terlihat sang anak mau masuk ke rumah mengucapkan salam dan mencium tangan sang ibunda dan tak lupa mengenalkan teman barunya. Pada materi ini mengutamakan pembiasan mengucapkan salam dan pamitan dengan mencium tangan ibunda merupakan pembiasaan positif dan jadi pondasi memupuk anak di jenjang Sekolah Dasar. (Tim Humas M26)