Sekolah berdiri karena adanya wali murid. Dari peranan Wali murid, SD Muhammadiyah 26 Surabaya berkembang pesat sampai kini. Sinergitas antara wali murid dengan Sekolah berlokasi di kawasan Ahmad Dahlan no 2, Keluruhan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya sudah terjalin setiap tahunnya.

Kepedulian Wali Murid ke SDM 26 Surabaya tercipta dengan inovasi. Namun, wali murid yang tergabung dalam IKWAM (Ikatan Wali Murid) periode 2015-2019 telah berakhir masa baktinya.

Pada Sabtu (10/8/2019), SDM 26 mengadakan pemilihan Ketua Baru perwakilan wali murid. Hasilnya, Yunus Enus, SE, Msi didapuk menjadi Ketua IKWAM periode 2019-2022. Ayahanda dari Daffa Zuhair (siswa kelas 4A) dan Sulthon (siswa kelas 3) dalam menjalankan amanah IKWAM tidak sendiri. Ayahanda Asca (kelas 3) dipastikan jadi Wakil Ketua.

Kemudian Sekretaris IKWAM ditempati Ibu May (Ibunda dari Mysa/kelas 2) yang didampingi Ibu Ninis (Ibunda dari Ryufaiz/kelas 4) sebagai Wakil Sekretaris. Lalu, Ibu Luke 9Ibunda Rafael/kelas 5) dan Ibu Feni (Ibunda Fano/kelas 1) menduduki posisi Bendahara dan Wakil Bendahara.

Dengan terplihnya Ketua Baru, SD Muhammadiyah 26 Surabaya menyatakan selamat menjalankan amanah dari para wali murid. (Bar/LGH)