Pada Selasa, (09/4/2019), sebanyak 90 anak dari empat rombe l Kelas 1 dan pendamping sejumlah 15 orang SD Muhammadiyah 26 Surabaya melaksanakan kegiatan bertema outdoor learning to “Kebun Binatang Surabaya”.

Dalam kegiatan ini, SD Muhammadiyah 26 Surabaya mengajak 46 anak Kelas 1A dan Kelas 1B, (setiap kelas sebanyak 23 anak), 44 anak Kelas 1C dan Kelas 1D (berjumlah 22 Anak/kelas) ke salah satu tempat wisata yang menjadi ikonik Kota Surabaya.

Hervina Uji Laksana, S.Pd menyatakan outdoor class tidak hanya pembelajaran diluar kelas saja. “Disini, anak-anak dapat menambah wawasan siswa dan bisa saling berinteraksi dengan lingkungan sekitar,” tegas Ketua Panpel Outdoor Class.

Bagi Siswa Kelas 1, berkunjung ke kebun binatang Surabaya dijadikan sarana belajar anak untuk memperkenalkan berbagai macam satwa. Mereka belajar secara langsung mengenai berbagai macam hewan, diantaranya mengamati ciri-ciri hewan yang beraneka ragam dan mampu berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada didalamnya serta mengenalkan tumbuhan yang ada di sekitar kebun binatang.

Melalui kegiatan ini di harapkan dapat meningkatkan rasa syukur siswa atas ciptaan Tuhan yang beraneka ragam dan mampu untuk mencintai dan menyayangi semua makhluk Nya. Dengan metode pembelajaran seperti ‘menjelajah’ KBS, bukan sekedar belajar mengajar diluar Sekolah. Namun, ada hikmah bermanfaat dibalik outdoor class.

“Kami berharap para siswa lebih bersemangat dengan variasi pembelajaran ini. Dari jelajah KBS ini, tak hanya memberikan pengalaman menarik dengan contoh konkret agar lebih mudah dipahami, tapi anak bisa tumbuh rasa syukur, percaya diri, kebersamaan dan kerjasama dalam tim sehingga membentuk anak-anak mampu bersosialisasi dan berempati tehadap sesama dan lingkungan sekitar,” ujar Uztazah Hervina. (Bar/LGH)